Pelantikan Pengambilan Sumpah Janji Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)Tahun 2024


Merpatilampung.com,tulang bawang-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang Reka Punnata, SH menghadiri pelantikan pengambilan sumpah janji Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tahun 2024 secara serentak dikecamatan menggala. Kegiatan berlangsung di Aula Islamic Center Menggala Kabupaten setempat. Kamis, (25/01/24). 


Pelantikan KPPS serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Tulangbawang. Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota kpps sebanyak 9.148 orang. Yang  diperuntukkan untuk  1.307 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang tersebar di 151 Kampung/kelurahan dari 15 kecamatan se-kabupaten Tulang Bawang yang akan melayani daftar pemilih sebanyak 307.767 orang.


Dalam sambutanya Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang Reka Punnata menyampaikan, betapa pentingnya tugas dan tanggung jawab KPPS sebagai ujung tombak KPU dalam melaksanakan proses pemungutan serta penghitung surat suara.


KPPS bertugas menjaga hak konstitusi rakyat dalam melaksanakan proses demokrasi diretorial terbawah di wilayah kerja paling banyak 300 suara.


"KPPS adalah ujung tombak KPU dalam proses pemungutan dan penghitung surat suara,penjaga konstitusi rakyat dalam memilih pemimpin" ucapnya


Masih kata, Reka sapaan akrabnya, dirinya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh KPPS yang sudah dilantik.


"Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar KPU Tulang Bawang dalam melaksanakan proses pemilihan umum secara serentak 14 Februari 2024 mendatang. Oleh karena itu, mari kita jaga baik marwah serta jagalah hak konstitusi pemilih, perkuat demokrasi kita wujudkan pemilu yang berkualitas, terbuka dan dapat dipercaya," Tutur Reka Punnata dalam giat tersebut.(Red).


Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) Menggala Saiful Ahmad, menyampaikan, Pelantikan KPPS hari ini secara serentak se- Indonesia.


"Untuk di Kecamatan Menggala sendiri sebanyak 1.043 orang telah dilantik. Pelantikan hari ini juga dilakukan oleh PPK Kecamatan dimasing-masing daerah, " Ujarnya.(red).