PD IWO Tulang Bawang Mengikuti Rapat koordinasi Se-lampung di Bandar lampung

Merpatilampung.com,Tulang Bawang Lampung, -

Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO)Tulang Bawang Lampung, mengikuti rapat koordinasi dan penyampaian laporan triwulan atas kegiatan  program kerja pengurus daerah IWO Kabupaten/kato se-Lampung. Kegiatan berlangsung di Kantor Sekretariat Pengurus Wilayah IWO (PW IWO) di Bandar Lampung pada Kamis, (7/3).


Hadir pada Rakor Triwulan  IWO Lampung, Ketua PW IWO Edi Arsadad didampingi Sekretaris PW  Ade Setiawan  dan jajaran pengurus, Ketua LBH IWO Lampung  Muhammad Fahreza,  SH,. CIL dan seluruh KSB Pengurus Daerah Kabupaten/kota yang sudah terbentuk. 


Dalam Rakor tersebut banyak hal yang dibahas selain program kerja Nasional termasuk rencana pelantikan beberapa pengurus daerah Kabupaten/kota  yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Mei atau awal Juni 2024 mendatang. Serta Penguatan Jaminan profesi wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalist sekaligus  organisasi pers dengan membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) IWO disetiap Pengurus daerah Kabupaten/kota yang sifatnya tetap terintegrasi ke LBH Pengurus Wilayah hingga LBH  IWO Pusat. 


Ketua  PW IWO Provinsi Lampung Edi Arsadad dalam arahanya menekankan kepada seluruh pengurus daerah untuk lebih aktip dalam melaksanakan tugas sebagai jurnalis yang profesional dan independen  serta aktip dalam berkontribusi bagi pemerintah dan masyarakat walau sekecil apapun. Wartawan harus tetap kritis yang positif terhadap pemerintah dan kebijakannya. 

 

"Saya instruksikan kepada seluruh pengurus daerah untuk lebih aktip dan profesional mengawal kebijakan pemerintah jangan ragu  kita harus tetap kritis yang positif dan membangun. Serta kita harus mampu mengedukasi sekligus memberikan advokasi terutama pada masyarakat bawah,"ujarnya tegas. 


Lebih lanjut Ia menyampaikan, salah satunya media adalah merupakan corong suara rakyat  dengan tulisan kita para pemangku kebijakan pemerintah dapat mengetahui, mendengar dan segera meresponnya.


Ketua LBH IWO Lampung M Fahreza, SH,. CIL, dalam sambutannya kembali menegaskan, betapa pentingnya 

Pada setiap Pengurus daerah Kabupaten/kota terbentuk LBH IWO atau Pos Pararegal LBH IWO, dengan tujuan agar para wartawan  dalam melaksanakan tugasnya sesuai Kode Etik Jurnalist dapat terhindar dari tindakan diskriminasi dari berbagai pihak  dan mendapat kepastian hukum. 


Pada rakor itu Ketua PD IWO Tulang Bawang Setuju Sanjaya, selain penyampai laporan kegiatan  dan penyampaian beberapa program kerja kedepan juga siap melaksanakan rencana pelantikan PD secara bersama di Bandar Lampung dan merespon baik semua arahan PW IWO Lampung termasuk menyambut baik pembentukan LBH IWO di setiap tingkatan Pengurus yang tentunya itu sangat penting khususnya  bagi  Wartawan itu sendiri dan kepada masyarakat umum. 


"kami PD IWO Tulangbawang siap melaksanakan arahan positif PW, dan segera melakukan persiapan pelantikan PD yang terpusat di Bandar Lampung dan  terbentuknya LBH IWO disetiap PD tentunya itu sangat penting, selain dapat menjamin kepastian hukum pada ruang lingkup setiap giat jurnalis yang tergabung dalam organisasi IWO, juga memiliki legaslitas yang jelas secara hukum dalam melakukan pendampingan hukum dan bantuan hukum pada masyarakat Umum", ujar Sanjaya. (Red)