Menjelang Bulan Ramadhan 1445 H Pemkab Tulang Bawang Barat Menggelar Gerakan Pangan Murah(GPM)

Merpatilampung.com,Tulang Bawang Barat-Menjelang Bulan Ramadhan tahun 1445 H Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Dinas Ketahanan Pangan, dan BULOG Tubaba, menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga.


Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Alun-alun Tiyuh/Desa Gunung Agung, Kecamatan Gunung Terang pada Selasa (05/03/24).


Dalam sambutan Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si. yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Untung Budiono, S.Sos., M.H., mengatakan, Gerakan Pasar Murah dilaksanakan oleh Pemkab Tubaba bersama Tim TPID dan Bulog serta instansi terkait (Forkopimda) ini yang merupakan wujud dan aksi nyata serta kepedulian Pemkab Tubaba dalam menyikapi kenaikan inflasi akhir-akhir ini terutama yang dipicu oleh kenaikan harga beberapa komoditas pangan seperti beras, cabai, gula, dan minyak goreng. GPM ini bertujuan untuk menstabilkan pasokan/keteesediaan dan harga komoditi tersebut. 


"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat terutama pada momentum jelang Ramadhan ini," ujarnya.


Staf Ahli Bupati Untung Budiono menjelaskan, Beberapa komoditi disediakan pihaknya pada Gerakan Pangan Murah.


"Dalam GPM Kali ini, pihak kami menyediakan beberapa komuditi yang terdiri dari Beras medium sebanyak 10 ton kemasan 5 kg seharga Rp 54.000/sak, gula pasir Rp 16.000/kg, Minyak Goreng Kita Rp 16.000/kg, Minya goreng Rizky Rp 14.000/0,9 kg, Tepung terigu Sania Rp 13.000/kg, Cabai merah besar Rp 60.000/kg, Cabai rawit Rp 50.000/kg, bawang nerah Rp 20.000/kg, bawang putih Rp 30.000/kg, serta telur  Rp 26.000/kg," jelasnya.


Sementara itu, Maryamah, salah satu warga yang hadir dalam kegiatan GPM tersebut mengaku senang dan bersyukur dengan adanya pasar murah ini. Menurutnya, dengan harga komuditi yang lebih murah dari biasanya warga sangat terbantu. 


"Terimakasih atas kepedulian dari Pemerintah Tulang Bawang Barat ini", pungkas Warga Tiyuh Gunung Agung yang diwawancarai di sela acara GPM.


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Somad, S.P., Tim TPID Kabupaten Tubaba, Forkopimda Tubaba, Pimpinan Bulog Tubaba, Camat Gunung Terang, Kepala Tiyuh dan Perangkat Tiyuh Gunung Agung.(Red)