Kodim 0426/Tulang Bawang gelar upacara untuk memperingati hari sumpah pemuda


KODIM 0426/TB,Merpatilampung.com- Menggala (Tulang Bawang) – Kodim 0426 Tulang Bawang menggelar upacara pengibaran bendera merah putih memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 di lapangan Pamungkas , Jln.Lintas Timur Sumatra, Km.113. Kampung Bujung Tenuk, Kecamatan Menggala, Sabtu (28/10/2023).


Komandan Kodim 0426 Tulang Bawang Letkol Inf Triano Iqbal, S.I.P., M.Si, bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri seluruh jajaran Kodim 0426.


Dalam amanatnya, Dandim membacakan Pidato Menteri Pemuda Dan Olahraga.


“Peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk merenungkan,dipelajari,ditemukan kritalisasi pembelajaran kebaikan dan dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” jelas Dandim.


Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, lanjut Dandim selalu memberikan pelajaran kepada semua pemuda bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, Ras dan kultur,serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan.


“Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” papar Dandim.


Dandim mengajak kepada semua pihak untuk menjadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke – 95 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa.


“Semoga Tuhan yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan Bangsa dan menggapai cita cita kejayaan Indonesia,” Tutup Dandim.(Red).